Contoh Program Kerja Bimbingan Konseling SMP Format Doc - Inspirasi Guru

12/25/2016

Contoh Program Kerja Bimbingan Konseling SMP Format Doc

Program Kerja Bimbingan Konseling
Contoh Program Kerja Bimbingan Konseling SMP Format Doc - Inspirasi Guru . Halo sampai ketemu lagi lagi di iniguru.com, blog inovasi dan inspirasi guru. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi sebuah program kerja yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling di sekolah tingkat Menengah pertama.

Tujuan dan Sasaran Program Bimbingan Konseling

Bimbingan konseling merupakan bagian yang penting dalam pendidikan di sekolah,  yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa secara maksimal, disamping itu juga  mengatasi berbagai persoalan yang dialami siswa, seperti rendahnya prestasi belajar,  motivasi belajar siswa yang menurun dan sebagainya. Dalam hal ini guru pembimbing  sangat berkepentingan untuk mengatasi berbagai persoalan tersebut.  Dalam menangkal dan mengatasi masalah tersebut perlulah kiranya dipersiapkan  sumber daya manusia Indonesia yang bermutu, yaitu manusia yang harmonis, sehat jasmani  dan rohani, bermoral, berkeyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menguasai ilmu  pengetahuan dan tekhnologi, dinamis dan kreatif.
Contoh Program Kerja Bimbingan Konseling

Tujuan  Program ini disusun dengan tujuan sebagai berikut :  1. Sebagai landasan kerja sehingga ada kesatuan komitmen dalam menerapkan  berbagai petunjuk dalam pelaksanaan Bimbingan Konselin  2. Memberikan kejelasan arah kerja pelaksanaan Bimbingan Konseling  3. Mempermudah koordinasi kerja diantara unsure-unsur yang terkait dalam  pelaksanaan Bimbingan Konseling.

Sasaran  Program Kerja ini ditujukan kepada semua unsure pelaksana Bimbingan  Konseling di sekolah agar :  1. Dapat memahami tugas dan peranan Bimbingan dan Konseling di sekolah  2. Dapat atau mampu mengidentifikasi siswa dalam membantu segi latar  belakang siswa kepribadian, bakat minat, emosi serta kemapuan akademisnya.  3. Menjangkau pelayanan terhadap seluruh siswa dalammembantu  menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam :  a. Pencapaian terpenuhinya tugas-tugas perkembangan dalam setiap  tahap perkembangan yang harus dilewati siswa.  b. Prestasi siswa yang belum menunjukkan prestasi optimal.  c. Siswa yang menunjukkan kesan khusus dalam hubungan social dan  emosional.  d. Perencanaan masa depan siswa baik untuk dunia pendidikan naupun  dunia kerja.

Download Contoh Program Kerja Bimbingan Konseling SMP Format Doc

Pelayanan Biombingan Konseling di SMP merupakan kelanjutan pengembangan  pelayanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar, sebagai pelayanan yang terpadu dengan  segenap pelayanan yang ada di SMP, karakteristik, tujuan pendidikan, kurikulum dan  peserta didik sehingga pelayanan Bimbingan Konseling secara kongkrit diarahkan kepada  pengembangan berbagai kompetensi siswa.

Selengkapnya silahkan unduh saja berkasnya melalui ink berikut ini:
Lihat juga sama pentingnya:
Comments


EmoticonEmoticon